KaosKece v0.8

Yap, hari ini mau ngeshare salah satu project kuliah kelompok saya semester ini, namanya KaosKece. Ini adalah proyek semester mata kuliah Basis Data, tugasnya itu bikin aplikasi web atau desktop dengan mengaplikasikan desain database.

Saya sama @ihdahusnaa, @whinaal, @selmaslutfiah, dan @fitri_lin sepakat untuk buat meng-opensource-kan aplikasi ini, KaosKece.com. Buat kamu yang mau ikut ngoprek dan nambahin fitur atau apapun, repo githubnya ada disini.

Oke, jadi apa itu KaosKece?

KaosKece adalah sebuah web aplikasi jual-beli kaos online berbasis jejaring sosial di kampus. Setiap member merupakan anggota fakultas tertentu.

Buat yang udah pernah belajar basis data, kamu tahu ini desain database yang cukup sederhana.

Selain dapat menjual dan membeli kaos mereka juga dapat melihat trend kaos di fakultas masing-masing, seperti baju mana yang banyak dibeli oleh anak-anak fakultas tertentu, baju apa saja yang dijual oleh anak-anak fakultas tertentu, dan Kaos mana yang paling banyak laris secara berurutan (trending kaos).

Setiap Kaos terkoneksi di satu halaman tertentu yang memungkinkan member dapat membeli sesuai ukuran tertentu, juga dapat melihat dan menambahkan testimonial-testimonial tentang kaos tersebut.

Setiap testimonial mewakili satu dari beberapa status testimoni yaitu “puas”, “kecewa”, “galau”, “nggak peduli” hehe.. bayangkan kalau fitur feedback di facebook bukan hanya tombol “like” tapi ada juga “dislike”, “I’m Confused”, dan “So What?”.

Intinya sih gitu, fitur lainnya bisa langsung diliat aja, dengan menginstall di server lokal kamu sendiri. Intinya KaosKece adalah aplikasi yang membuat jual-beli kaos bukan hanya sebagai aktivitas ekonomi, tapi juga aktivitas sosial yang melahirkan kompetisi di setiap mahasiswa untuk membuat desain kaos yang terbaik.

Some Issues

Saya akui kodingan KaosKece ini agak berantakan, susunan file-filenya juga kurang rapi.. ya, nggak apa-apa deh, at least it works, right? hhe

Selain itu ada yang bikin saya bingung saat memfetch query apapun yang ada sintaks count(id) misal di halaman trending, saya mau tahu ada berapa orang yang dari fakultas tertentu yang menjual kaos dan menampilkan siapa aja orangnya. Query-nya gini:

$query_jual = sprintf("SELECT uploader, id, name, img, price, count(id) as jual FROM produk WHERE fakultas = %s", GetSQLValueString($colname_jual, "text"));

Tapi hasilnya gini:

Total jumlahnya, yaitu di variabel $row_fakultas['jual'] yang diambil dari count(id) mengembalikan nilai yang benar, tetapi saat membuat dynamic table yang muncul kurang dari yang seharusnya, atau ter-group oleh username. Kok jadi nggak sinkron ya?

Akhirnya saya akalin ini dengan cara amatir yaitu membuat dua query yang berbeda, yang satu menggunakan count() untuk mengambil variabel jumlah dan yang satunya lagi untuk digunakan membuat dynamic table.

Update : Buka slide basdat lagi, ya iyalah outputnya jadi satu baris (row) dan ter-group, haha..

Yap, semoga bermanfaat.. untuk screenshots atau mau download aplikasinya langsung aja ke KaosKece.com